Popular Posts

Friday, November 10, 2017

Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2017 Standar IV PTK

Assalamualaikum bapak/ibu guru kembali lagi kita ke bukti fisik akreditasi SD/MI tahun 2017.
Dalam pembahasan ini saya tidak mencantumkan instrumen akreditasi standar pendidik dan Tenaga Kependidikan mulai dari no. 39 sampai dengan 54 karena Bapak/Ibu juga tentunya sudah memilikinya. Langsung saja kita mulai dengan bukti fisik instrumen nomor 39.


Bukti Fisik instrumen No.39. Sekolah menyiapkan: fotocopy ijazah semua guru, baik guru kelas maupun guru bidang studi. Kumpulkan dalam sebuah snelhecter atau map lainnya dan dokumen siap disajikan dalam boxfile yang sudah diberi label. 

Bukti Fisik Instrumen No. 40. Sekolah menyiapkan sertifikat pendidik bagi yang sudah sertifikasi. Kumpulkan dalam sebuah snailhecter dan dokumen siap disajikan di boxfile sebelah bukti fisik instrumen sebelumnya. 

Bukti Fisik Instrumen No.41. Sekolah menyiapkan (1) Fotocopy ijazah semua guru kelas, kecuali guru agama, PJOK dan guru bidang studi lainnya. Satukan dalam sebuah snelhecter. ( 2) Surat pembagian Tugas Mengajar Kolekftif semua guru tanpa kecuali. Apabila kedua bukti fisik tersebut telah lengkap maka masukkan ke boxfile yang Bapak Ibu telah siapkan.

Bukti Fisik Instrumen No.42. Sekolah menyiapkan (1) Fotocopy ijazah semua guru bidang studi aeperti guru Agama, guru PJOK, dll sesuai dengan keadaan sekolah Bapak Ibu. Disertan dengan (2) Surat Pembagian tugas mengajar kolektif mereka.

Bukti Fisik Instrumen No.43. Sekolah menyiapkan (1) PTK (Penelitian Tindakan Kelas) semua guru serta (2) RPP untuk pengamatan proses pembelajaran di kelas

Bukti Fisik Instrumen No.44. Sekolah menyiapkan (1) Rekap hasil UKG semua guru (2) Laporan hasil kegiatan PKB di MGMP (3) RPP untuk pengamatan proses pembelajaran di kelas.

Bukti Fisik Instrumen No.45. Sekolah menyiapkan (1) Surat pernyataan Kepala Sekolah bahwa tidak ada guru yang terlibat kriminal dan pengaduan dan masyarakat. Bentuk Surat Pernyataannya seperti apa dapat dilihat contohnya dari sumber manapun.

Bukti Fisik Instrumen No.46. Pengamatan oleh asesor. Dengan arti lain biarkan para assesor mengamati untuk mendapatkan bukti fisik ini.

Bukti Fisik Instrumen No.47. Sekolah menyiapkan (1) Program BK yang dibuat oleh semua guru (2) Buku pelaksanaan BK yang dimiliki oleh semua guru, (3) Buku Pedoman BK, (4) Buku hasil BK yang dimiliki oleh semua guru. Seperti bukti fisik instrumen lainnya, apabila telah terkumpul sajikan dalam sebuah boxfile yang sudah diberi label akreditasi buatan bapak ibu sendiri.


Bukti Fisik Instrumen No.48. Sekolah menyiapkan dokumen-dokumen khusus kilik kepala sekolah. dokumen tersebut meliputi:
     1)  Ijazah Kepala Sekolah
     2)  Sertifikat pendidik Kepala Sekolah
     3)  Sertifikat kepala sekolah/madrasah (SK Kepala Sekolah)
     4)  SK pengangkatan sebagai guru milik Kepala Sekolah
     5)  SK pangkat/golongan terakhir Kepala Sekolah
     6)  Penilaian kinerja oleh yang berwenang milik Kepala Sekolah

Bukti Fisik Instrumen No.49. Sekolah menyiapkan
     1) RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah, 4 tahun)
     2) RKT (Rencana Kerja Tahunan, 1 tahun)
     3) Buku monitoring RKJM
     4) Buku monitoring RKT
     5) Struktur Organisasi dalam bentuk printout maupun terpampang
     6) SK pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan

Bukti Fisik Instrumen No.50. Sekolah menyiapkan
      1) Buku kewirausahaan kepala sekolah

Bukti Fisik Instrumen No.51. Sekolah menyiapkan
       1) Buku program supervisi KBM
       2) Buku pelaksanaan supervisi KBM
       3) Buku evaluasi supervisi KBM
       4) Buku lindak lanjut supervisi KBM

Bukti Fisik Instrumen No.52. Sekolah menyiapkan
      1)  Ijazah tenaga administrasi
      2)  SK tenaga administrasi.

Bukti Fisik Instrumen No.53. Sekolah menyiapkan
      1) Ijazah tenaga perpustakaan (pustakawan)
      2) SK tenaga perpustakaan (pustakawan)

Bukti Fisik Instrumen No.54. Sekolah menyiapkan
      1) Ijazah Penjaga Sekolah, keamanan, tukang kebun 
      2) Surat Tugas Penjaga Sekolah, keamanan, tukang kebun
 
Demikian yang saya dapat bagikan untuk Bapak/Ibu penyelenggara sekolah tentang bukti fisik akreditasi SD/MI tahun 2017. Bapak/Ibu juga bisa lihat bukti fisik standar lainnya di postingan saya yang lain. Silahkan tulis komentarnya dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment