Popular Posts

Tuesday, November 13, 2018

Cara Membuat Soal PAS Kelas 5 SD

Cara Membuat Soal PAS Kelas 5 SD Pemberian Laporan hasil belajar yang telah dicapai siswa dilakukan pada setiap semester pada tahun pelajaran berjalan. Seorang guru yang mendidik dan mengajar siswa siswi di suatu sekolah wajib melaporkan perkembangan peserta didiknya kepada sekolah, dalam hal ini kepala sekolah sebagai penanggungjawab, dan juga kepada wali murid. Laporan perkembangan belajar siswa pada kurikulum 2013 harus berbentuk angka, predikat, dan dalam bentuk deskripsi. Laporan tersebut dapat dilihat pada ilustgrasi di samping ini.

Deskripsi laporan diambil dari perolehan nilai setiap Kompetensi Dasar (KD) pada setiap muatan pelajaran di satu tema. Begitu juga dengan tema lainnya. Berapa jumlah Kompetensi Dasar di satu muatan pelajaran pada satu tema dapat kita lihat pada Pemetaan KD, atau bisa kita lihat pula pada Buku Guru tema tersebut. Satu muatan pelajaran bisa saja terdiri lebih dari satu Kompetensi Dasar pada satu tema dan atau di tema lainnya. Dari nilai KD ini lah dapat diketahui secara terperinci KD yang mendapat sebutan sangat baik, baik, cukup, dan perlu bimbingan. Dengan arti lain bahwa soal PAS mengacu kepada jumlah Kompetensi Dasar (KD).

Sesuai dengan panduan penilaian yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tahun 2016 bahwa dalam penyajian Penilaian Akhir Semester dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Yang pertama sesi pertama (jam ke-1) terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, dan PJOK. Akan tetapi pada akhir-akhir ini PJOK disajikan mandiri terpisah. Jadi sesi pertama terdiri dari tiga muatan saja untuk kelas tinggi (kelas 4. 5. Dan 6) yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan IPA. Sedangkan sesi kedua (jam ke-2) terdiri dari muatan pelajaran IPS dan SBDP. Pembagian sesi ini tertuang pada jadwal PAS. Berikut contoh Jadwal PAS kelas 5 Semester 1

Berapa Kompetensi Dasar pada muatan pelajaran PPKn kelas 5 tema 1? Berapa butir soal yang harus dibuat untuk setiap Kompetensi Dasar PPKn kelas 5 tema 1? Dan berapa pula skor setiap butir soal? Pertanyaan yang sama juga dapat diajukan pada muatan pelajaran yang lainnya di setiap tema. Untuk menjawab semua itu mari kita lihat tabel berikut:




Membuat kisi-kisi. Kisi-kisi yang akan dibuat harus disesuaikan dengan jadwal dan pemetaan soal. Berikut ini kisi-kisi Tema 1 sesi pertama yang terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dan IPA.

Contoh kop penulisan soal PAS


Demikian cara membuat soal PAS kelas 5 semoga bermanfaat dan kita insyaallah bertemu kembali di Soal PAS Kelas 5. Silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar!
Berikut saya lampirkan 

No comments:

Post a Comment