Popular Posts

Wednesday, November 1, 2017

Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2017 Standar Proses

Bukti Fisik Instrumen No. 11  Sekolah menyiapkan 1. Silabus sekolah setiap mata pelajaran pada setiap kelas untuk kelas-kelas yang menggunakan kurikulum 2006 (KTSP). 2. Silabus sekolah setiap tema pada setiap kelasnya. Setiap silabus sebaiknya dikelompokkan berdasakan kelas, kemudian sajikan dalam beberapa boxfile yang sudah diberi label akreditasi sesuai kreatifitas sekolah. Untuk mendapatkan nilai A maka silabus harus memuat komponen: (1) identitas mata pelajaran/tema, (2) identitas sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9) sumber belajar.

Bukti Fisik Instrumen No. 12  Sekolah menyiapkan RPP semua guru (tidak terkecuali) semua kelas. sebaiknya RPP dikelompokkan berdasarkan kelas untuk memudahkan pemeriksaan oleh assesor. untuk mendapatkan nilai A maka RPP harus memuat komponen RPP secara lengkap dan sistematis.
Komponen RPP yang lengkap, terdiri atas:
1)  Identitas sekolah/madrasah.
2)  Tema/subtema.
3)  Kelas/semester.
4)  Materi pokok.
5)  Alokasi waktu.
6)  Tujuan pembelajaran.
7)  Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
8)  Materi pembelajaran.
9)  Metode pembelajaran.
10) Media pembelajaran.
11) Sumber belajar.
12) Langkah-langkah pembelajaran.
13) Penilaian hasil pembelajaran.

Bukti Fisik Instrumen No. 13 Sekolah menyiapkan bukti alokasi (1) Alokasi waktu yang terdapat dalam silabus. Carilah silabus yang berada di bukti fisik no. 12 yang mencantumkan alokasi waktu pembelajaran. Ambil beberapa untuk sampel. Sajikan dalam map atau snelhecter yang sudah disiapkan. (2) Alokasi waktu yang terdapat dalam Surat Pembagian Tugas Mengajar dan tugas tambahan. Ambillah beberapa Surat Pembagian Tugas Kolektif untuk sampel bukti alokasi waktu. Masukkan ke dalam map yang sudah disiapkan. (3) Jadwal Pelajaran dan kalender akademik dan masukkan ke dalam map. Apabila telah terkumpul semua sajikan dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 

Bukti Fisik Instrumen No. 14 Sekolah menyiapkan data (1) 8355. (2) Laporan bulanan yang memuat rekapitulasi jumlah siswa persekolah perbulan yang setiap bulan dilaporkan ke Satuan Pelaksana (Satlak), (3) Absen siswa setiap kelas. Kumpulkan semua absen setiap kelasnya. Apabila semua dokumen sudah terkumpul maka sajikanlah dalam sebuah boxfile. Ingat!! satu boxfile mungkin sudah terisi oleh instrumen sebelumnya tetapi masih dapat menampung instrumen lain. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik.


Bukti Fisik Instrumen No. 15 Sekolah menyiapkan (1) Beberapa RPP yang memuat didalamnya penggunaan buku teks pada item Sumber Belajar. Tidak perlu banyak, Ambillah beberapa dari bukti fisik no. 12!, kemudian difotocopy untuk disajikan sebagai bukti fisik instrumen ini. (2) Daftar Buku Pelajaran yang dimiliki oleh sekolah. (3) Daftar inventaris buku pada administrasi kelas. 
Apabila telah terkumpul semua sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 


Bukti Fisik Instrumen No. 16. Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan kelas yang baik dengan: (1) keteladanan dalam sikap spiritual, (2) keteladanan dalam sikap sosial, (3) pengaturan tempat, (4) pengaturan suara, (5) penggunaan kata-kata santun, lugas, dan mudah dimengerti, (6) kemampuan belajar siswa, (7) ketertiban kelas, (8) penguatan dan umpan balik, (9) keaktifan siswa, (10) berpakaian sopan, bersih, dan rapi, (11) menjelaskan silabus mata pelajaran pada tiap awal semester, (12) ketepatan penggunaan waktu.


Bukti Fisik Instrumen No. 17 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang diamati  pada instrumen ini Guru memulai pembelajaran dengan 5 langkah pendahuluan berikut: (1) menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran, (2) memberi motivasi belajar siswa, (3) mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, (4) menjelaskan tujuan pembelajaran, (5) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Bukti Fisik Instrumen No. 18 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema.

Bukti Fisik Instrumen No. 19 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema.


Bukti Fisik Instrumen No. 20 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah guru menggunakan media pembelajaran yang 

Bukti Fisik Instrumen No. 21 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah guru menggunakan sumber belajar yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema.

Bukti Fisik Instrumen No. 22 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema.

Bukti Fisik Instrumen No. 23 Sekolah menyiapkan guru untuk diamati proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut menyiapkan RPP untuk pembelajaran pada saat itu secara lengkap. Yang perlu diperhatikan dalam bukti fisik instrumen ini adalah Guru bersama siswa mengakhiri  pembelajaran dengan langkah penutup, meliputi: (1) mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran, (2) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, (3) melakukan kegiatan tindak lanjut, dan (4) menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya.

Bukti Fisik Instrumen No. 24 Guru yang sedang dinilai menyiapkan alat penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran berupa:
1. Penilaian waktu diskusi
    a. Instrumen Penilaian diskusi (download contoh)
    b. Bukti hasil diskusi
    c. Nilai pelaksanaan diskusi  (download contoh)
2. Penilaian sikap menggunakan catatan anekdot (download contoh)
3. Penilaian proyek
    a. Instrumen Penilaian proyek
    b. Bukti hasil proyek
    c. Nilai pelaksanaan proyek
4. Penilaian portofolio
    a. Instrumen Penilaian portofolio
    b. Bukti hasil portofolio
    c. Nilai pelaksanaan portofolio
5. dll

Bukti Fisik Instrumen No. 25 Guru yang sedang dinilai menyiapkan format-format hasil penilaian otentik berupa: (1)Buku remedial, (2) Buku pengayaan, (3) Buku pelayanan konseling, (4) Buku perbaikan proses pembelajaran.

Bukti Fisik Instrumen No. 26 Sekolah menyiapkan (1) Buku Program supervisi KBM (2) Buku Catatan Pelaksanaan Supervisi (3) Buku Pemanfaatan Hasil Supervisi sebagai bukti Kepala sekolah melakukan pengawasan proses pembelajaran dengan objektif dan transparan guna peningkatan mutu secara berkelanjutan. Apabila telah terkumpul semua sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 

Bukti Fisik Instrumen No. 27 Sekolah menyiapkan Buku Kunjungan supervisi yang dimiliki guru sebagai bukti pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Apabila telah terkumpul sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 

Bukti Fisik Instrumen No. 28 Sekolah menyiapkan Buku supervisi akademik yang meliputi pemantauan RPP, Pemantauan KBM, permantauan Penilaian, sebagai bukti bahwa kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap proses pembelajaran melalui: (1) diskusi kelompok terfokus, (2) pengamatan, (3) pencatatan, (4) perekaman, (5) wawancara, (6) pendokumentasian. 
Apabila telah terkumpul sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 

Bukti Fisik Instrumen No. 29 Sekolah menyiapkan Buku Bukti tindak lanjut supervisi berupa bukti pemberian contoh mengajar, bukti sekolah mengadakan diskusi tentang kegiatan mengajar, bukti konsultasi, dan bukti pengiriman pelatihan guru. Bukti bisa berupa buku catatan, berkas, maupun dokumentasi. 
Apabila telah terkumpul sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 


Bukti Fisik Instrumen No. 30 Sekolah menyiapkan (1) Buku laporan supervisi (2) Program tindak lanjut supervisi yang disusun oleh kepala sekolah. 
Apabila telah terkumpul sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 

Bukti Fisik Instrumen No. 31 Sekolah menyiapkan (1) Dokumen keikutsertaan guru dalam PKB.
(2) Buku penghargaan terhadap guru yang disusun oleh kepala sekolah.
Apabila telah terkumpul sajikanlah dalam boxfile yang sudah disiapkan dan sudah diberi label akreditasi. Catatan: Jangan boros!!! satu boxfile dapat menampung beberapa instrumen bukti fisik. 


Demikian bukti-bukti fisik akreditasi SD tahun 2017 yang saya jalankan di sekolah saya. Artikel ini telah saya revisi berdasarkan keperluan penyesuaian blog saja. Silahkan beri komentar dan kritik yang membangun untuk pembelajaran saya khususnya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel saya berikutnya. 



3 comments: