Popular Posts

Friday, November 10, 2017

Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2017 Standar Lulusan

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, kembali lagi kita ke instrumen akreditasi SD/MI tahun pelajaran 2017/2018. kali ini kita membahas standar lulusan. Standar ini mulai dari nomor instrumen 32 sampai dengan 38.

No. Instrumen 32
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, sesuai dengan perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan: (1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam
kegiatan pembelajaran, (2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan berperilaku, (4) Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5) mengucapkan salam saat masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7) mensyukuri setiap
nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling menolong/ berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah/madrasah.
Bukti Fisik 
Dokumen sekolah yang dapat mendukung bukti fisik tersebut bisa berupa:
1. Rencana Kerja Tahunan (RKT) Kepala Sekolah yang berisikan pembiasaan sikap religius siswa
2. Catatan pelaksanaan pembiasaan sikap religius siswa
3. Dokumentasi (foto-foto) pembiasaan sikap religius siswa yang tertera di dalam instrumen diatas.

Instrumen No. 33
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter: (1) jujur dan bertanggung jawab, (2) peduli, (3) gotong-royong dan demokratis, (4) percaya diri, (5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.
Bukti Fisik: 
1. Rencana Kerja Tahunan Kepala Sekolah yang berisikan pembiasaan sikap sosial diatas
2. Catatan pelaksanaan pembiasaan sikap sosial diatas
3. Dokumentasi (foto-foto) pembiasaan sikap sosial siswa yang tertera di dalam instrumen diatas.

Instrumen No. 34
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi: (1) perencanaan dan penilaian program literasi, (2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi, (3) membaca buku, (4) lomba terkait literasi, (5) memajang karya tulis, (6) penghargaan berkala untuk siswa, (7) pelatihan literasi.
Bukti Fisik:
1. Rencana kegiatan literasi sekolah
2. Laporan pelaksanaan kegiatan literasi sekolah
3. Jadwal literasi
4. Lomba kegiatan seperti membaca puisi
3. Dokumentasi


Instrumen No. 35
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan  rohani melalui keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa: (1) olahraga, (2) seni, (3) kepramukaan, (4) UKS, (5) keagamaan, (6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani.
Bukti Fisik:
1. Program kegiatan/ekskul (olahraga, seni, pramuka, UKS, agama)
2. Laporan kegiatan/ekskul (olahraga, seni, pramuka, UKS, agama)
3. Dokumentasi kegiatan/ekskul (olahraga, seni, pramuka, UKS, agama)
4. Daftar Hadir kegiatan/ekskul (olahraga, seni, pramuka, UKS, agama)
5. Dokumen prestasi lomba kegiatan/ekskul (olahraga, seni, pramuka, UKS, agama)

Instrumen No. 36
Siswa memiliki pengetahuan: (1) faktual, (2) konseptual, (3) prosedural, (4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu.
Bukti Fisik:
1)  Silabus setiap mata pelajaran. (Ada di Standar proses no. 11)
2)  RPP setiap mata pelajaran. (Ada di Standar proses no. 12)
3)  Portofolio pengetahuan yang dimiliki siswa.

4)  Penilaian. (Ada di standar isi No. 1-4)

Instrumen No. 37
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi: (1) kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya, (2) peringatan hari-hari besar nasional, (3) peringatan hari-hari besar agama, (4) pentas seni budaya, (5) bulan bahasa.
Bukti Fisik:
1)  Program dan laporan kegiatan budaya seperti kartinian, dll.
2)  Program dan laporan Peringatan hari besar nasional (Agustusan, dll),
3)  Program dan laporan peringatan hari besar agama seperti maulid, muharroman, dll),
4)  Program dan laporan pensi,
5)  Program dan laporan kegiatan bulan bahasa

Instrumen No. 38
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa: (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) alat peraga, (5) internet.
Bukti Fisik:
1)  RPP yang memuat penugasan individu dan kelompok.
2)  Laporan tugas dan kegiatan oleh siswa. (hasil tugas yang dikerjakan siswa yang sesuai dengan
      poin no 1.
3)  Bahan dan alat peraga.

Terimakasih dan semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment